Senin, 27 Mei 2013

Suka Mengantuk di Pagi Hari

Penyebabnya adalah karena makanan yang saya santap setiap pagi itu makanan padat yang tidak cocok untuk dimasukan ke dalam tubuh pada pagi hari.
Misalnya nasi, daging atau jenis makanan gorengan.
Sebab pada saat pagi tubuh sedang membutuhkan banyak energi untuk proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh yang telah diolah.
Akibat makanan yang kita masukan berjenis padat, sehingga membutuhkan kerja keras alat pencernaan, maka pada saat bersamaan tubuh kita harus bekerja ekstra keras antara membuang sisa makanan dan mencerna makanan padat yang kita santap.
Akibatnya tubuh akan menjadi cepat lelah. Hal itulah kemudian yang membuat kita cepat mengantuk.
Perlu kita ketahui, di dalam tubuh setiap manusia ada tiga tahap pengolahan makanan.
Pertama adalah tahap pencernaan. Siklus waktunya adalah antara jam 12 siang sampai 8 malam. Pada waktu ini adalah waktu yang cocok tubuh kita mencerna makanan padat.
Kedua adalah tahap penyerap/pemanfaatan. Siklus waktunya adalah dari jam 8 malam sampai 4 pagi. Dimana makanan yang telah diolah akan disalurkan ke seluruh tubuh sesuai dengan pemanfaatannya.
Ketiga adalah tahap pembuangan. Siklus waktunya adalah dari jam 4 pagi sampai 12 siang.
Jadi pada saat pagi adalah sangat baik bila kita bisa buang air besar untuk mengeluarkan semua kotoran dari dalam tubuh.

Kesimpulannya agar terhindar mengantuk setiap pagi adalah usahakan jangan mengkonsumsi makanan padat, makanan gorengan, dan makan terlalu kenyang.
Sebaiknya pilihlah makanan yang mudah dicerna tapi sarat protein dan kaya nutrisi. Seperti buah-buahan, sereal, dan jus sayuran/buah-buahan atau roti yang kaya serat dan telur rebus.
Semoga bermanfaat dan Anda tidak akan mengantuk lagi saat pagi hari.

0 komentar:

Posting Komentar