Selasa, 21 Mei 2013

Bayi 2 Bulan

Dalam memberikan ASI untuk bayi, Ibu harus melakukannya sesering yang bayi Ibu inginkan. Kenali tanda-tanda kapan ia menginginkan untuk menyusu. Jangan selalu menunggu sampai ia menangis. Tanda lain ia mulai lapar adalah ia akan mencecap bibirnya dan menirukan gerakan menghisap. Jaga selalu makanan yang Ibu makan dan jangan terlalu menghitung kalori, diet sehat lebih dianjurkan untuk Ibu. Jika Ibu ingin kembali mendapatkan berat tubuh ideal, lakukan secara bertahap agar tidak mengganggu kesehatan Ibu dan bayi.

Masalah pada pencernaan sering muncul pada bayi, salah satunya adalah kolik. Kolik bisa terjadi pada 1 dari 4 bayi yang berusia sangat muda (usia di bawah 5 bulan). Bayi yang kolik cenderung untuk menangis terus-menerus sepanjang hari. Memang meresahkan, tapi Ibu bisa tetap tenang karena bayi tidak akan memiliki masalah lanjutan setelah koliknya berhenti.
Menginjak usia 2 bulan, bayi Ibu mulai bisa mengangkat kepalanya dan menoleh ke kiri dan ke kanan saat sedang tengkurap. Di minggu ke 6 atau 8, jika dia sudah benar-benar kuat, dia bahkan mungkin mampu mengangkat kepalanya sedikit saat sedang berbaring terlentang. Saat Ibu menggendongnya, dia sudah bisa mengangkat kepalanya meskipun masih agak gemetar dan cuma sebentar. Jangan lupa ya Bu, untuk selalu menopang kepala bayi Ibu saat sedang menggedongnya.
Tentu saja bayi Ibu belum bisa berkomunikasi dengan kata-kata, tapi bayi 2 bulan sudah bisa mengeluarkan suara seperti menggumam dan berdengung lembut untuk berkomunikasi. Suara favoritnya tentu saja suara Ibu! Saat ia mendengarnya, dia akan merespon dengan membuat jawaban suara. Meskipun kesannya seperti berbicara sendiri, Ibu bisa membantunya mengenali sekitarnya dengan mengajaknya berbicara. Dia bahkan akan menatap mulut Ibu saat Ibu sedang 'ngobrol' dengannya, dan sangat tertarik bagaimana mulut Ibu bisa mengeluarkan suara.

Bayi Ibu bahkan sudah bisa tersenyum. How lovely! Senyumnya adalah benar-benar senyum yang menunjukkan ia bahagia, bukan senyum refleks yang biasa terjadi saat ia sedang tertidur. Yuk, pancing dia untuk tersenyum lebih lebar dengan bermain bersama dan menggelitikinya.
Si usia 2 bulan juga sudah mulai asyik dengan jari-jemarinya dan mulutnya. Gerakan refleks untuk menggenggamnya sudah mulai berkurang di usia ini, tapi mereka sangat bersemangat bermain-main dengan tangannya. Bayi Ibu akan mulai senang menghisap jari-jarinya dan benda apa saja yang dipegangnya. Karenanya, jauhkan benda-benda yang dapat membahayakannya, dan jaga selalu kebersihan bayi Ibu.

0 komentar:

Posting Komentar