Menyajikan Informasi Mengenai Cara-cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami dan Aman

Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Mei 2013

Merawat Bayi Baru Lahir


Tips merawat bayi baru lahir yang pertama adalah membuat bayi nyaman. Ketika bayi keluar dari rahim maka suhu tubuh yang diterima bayi akan berubah,tidak sehangat dan senyaman ketika di rahim. Yang perlu dilakukan adalah memahami kondisi bayi, jika bayi kedinginan biasanya akan bersin-bersin, jika memang demikian, berilah minyak telon dan bedonglah sejenak. Jika bayi gelisah dan keringatnya banyak, berate bayi kepanasan, maka aturlah sirkulasi udara agar udara mengalir dengan baik. Pilihkan pula pakaian berbahan katun atau kaos yang lembut.

Pada dasarnya bayi akan tenang jika dia dalam keadaan nyaman dan kenyang. Bayi yang dulunya disuplai makanan melalui placenta, kini harus berjuang memasukkan asupan makanan (ASI) melalui mulutnya. Karena bingung dan merasa lapar, maka dengan tangisanlah dia berkomunikasi. Perhatikan tangisan bayi tersebut, amati dan hafalkan cara menangisnya. Karena menenangkannya tidak ada cara lain kecuali memberinya susu atau Air Susu Ibu. Bayi yang belum lahir, belum piawai menyusu. Untuk itu harus diajarkan cara menyusu yang benar. Yaitu dengan membantu meletakkan puting payudara sedemikian rupa agar bayi dapat menyusu dengan benar.

Tips merawat bayi baru lahir selanjutnya adalah selalu waspada ketika bayi terbangun. Bayi yang baru lahir belum memiliki ritme khusus untuk tidur dan bangun. Mereka masih belum bisa membedakan antara siang waktu bermain dan malam waktu istirahat. Untuk itu, matikanlah lampu saat malam hari dan ciptakan suasana yang hening. Jika hal ini konsisten Anda lakukan maka bayi akan mengerti dan akan tertidur pulas saat malam hari. Yang terpenting adalah tunjukkan bahwa Anda menyayanginya dan wujudkan dengan dekapan hangat dan belajar mengerti apa yang diinginkan bayi.

0 komentar:

Posting Komentar