Kamis, 11 Juli 2013

MENGATASI DEMAM PADA BAYI

Demam pada bayi seringkali membuat orang tua menjadi sangat khawatir. Beberapa bahkan menjadi sangat panik dan segera membawa bayi mereka ke rumah sakit ketika suhu badannya naik beberapa derajat. Semua itu adalah hal yang wajar terjadi, karena bayi belum memiliki perlindungan tubuh alami yang cukup kuat sehingga mudah sekali terkena serangan bakteri maupun virus pembawa penyakit. Orang tua yang penuh kasih sayang tentu saja akan merasa sangat ketakutan, namun bersikap tenag dan bertindak cerdas juga sangat penting untuk melindungi bayi Anda dari tindakan medis irrasional.
Demam pada bayi dapat timbul karena beberapa sebab, yaitu serangan virus, infeksi, salah urat, dan dehydrasi.

Jika Anda bereaksi terlalu panik dan hanya memikirkan dokter atau rumah sakit sebagai pertolongan pertama, masalah akan timbul. Dokter bisa saja salah mendiagnosa penyebab demam pada bayi Anda, ini akan sangat berbahaya karena kesalahan pemberian obat berakibat sangat fatal bagi tubuh manusia, terutama bayi dan balita. Namun bereaksi terlalu santai dan membiarkannya berlarut-larut juga bukan tindakan bijaksana. Jika terlambat ditangani bisa-bisa bayi Anda tidak bisa diselamatkan.

Orang tua harus benar-benar memahami bagaimana cara mengatasi demam pada bayi sehingga tidak melakukan tindakan-tindakan diluar rasio. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi demam pada bayi :
Ketika pertama kali merasakan perbedaan suhu pada badan bayi Anda segera pastikan dengan menggunakan termometer bayi. Jika suhu masih normal kemungkinan bayi Anda hanya sekedar haus atau mengantuk kelelahan. Segera berikan susu dan menidurkannya dengan nyaman.
Jika setelah langkah pertama demam pada bayi Anda belum reda, maka berikan dekapan skin to skin padanya dan terus pantau suhu tubuhnya.
Tindakan lain adalah dengan mengajaknya berendam air hangat seluruh tubuh. Berhati-hatilah dalam memegang tubuh mungilnya. Mereka tidak akan bisa berdiam diri meskipun suhu tubuhnya sedang tinggi.
Jika tiga langkah tersebut belum juga mampu menghilangkan demam pada bayi Anda, perlu dicermati apa yang menyebabkannya. Jika sudah mencapai 2×24 jam maka bawalah bayi Anda ke dokter spesialis anak terdekat

0 komentar:

Posting Komentar