Sabtu, 27 Juli 2013

CAKRA TUBUH MANUSIA

Cakra adalah tempat keluar masuknya energy. Cakra berasal dari bahasa sankrit yang berarti Roda. pada tubuh manusia terdapat 7 cakra utama yaitu :
1. Cakra Dasar (Muladhara)
Letak : Di dasar sumsum tulang belakang
Aura : Merah
Elemen : Bumi
Fungsi : Berhubungan dengan keaktifan dan kualitas fisik/sensasi-sensasi fisik secara umum, vitalitas, kekuatan, hasrat keinginan, seksualitas, kemauan, naluri untuk survive, keberanian, spontanitas, leadership, semangat.
2. Cakra Sex (Svadisthana)
Letak : Tulang pelvis
Aura : Oranye
Elemen : Air
Fungsi : Berhubungan dengan aspek-aspek emosional, perasaan hati, kreatifitas, inspirasi, produktifitas, keyakinan diri, keinginan untuk bersosialisasi, pengendalian organ-organ reproduksi dan daerah sekitar bawah perut.
3. Cakra Pusar (Manipura)
Letak : 2 cm di bawah pusar
Aura : Kuning
Elemen : Api
Fungsi : Berhubungan dengan aspek mentalitas/moral, kekuatan, spiritual, pengendalian energi/prana, intelektual, adaptasi diri, keteraturan, perlindungan, keamanan, keilmiahan, kegembiraan, antusiasme, memberikan energi/semangat/kehangatan, pengendalian system pencernaan/organ sekitar perut
4. Cakra Jantung (Anahata)
Letak : Tengah dada
Aura : Hijau (dominan) dan merah muda
Elemen : Udara
Fungsi : Berhubungan dengan kebijaksanaan, jiwa/spirit, kasih sayang/affection dan tingkah laku positif, kesembuhan, keseimbangan, keserasian, rasa untuk menolong/merawat, kemakmuran, tanggung jawab, kesabaran, kegigihan, rasa bersosialisasi, perhatian, kepribadian, pengendalian organ-organ sekitar dada.
5. Cakra Tenggorokan (Visuddi)
Letak : Pangkal tenggorok
Aura : Biru
Elemen : Ether
Fungsi : Berhubungan dengan kehendak jiwa/spirit yang lebih tinggi, kasih sayang pada sesama, kekuatan kata, hasrat untuk berkomunikasi, komunikasi antar jiwa/mahluk, kedalaman rasa, sensitifitas, intuitif, kesetiaan, kejujuran, rasa persaudaraan, artistic, kemampuan untuk merencanakan sesuatu, pengertian tentang rohani, keinginan penyatuan dengan sesama, secara fisik berhubungan dengan organ-organ tenggorokan
6. Cakra Mata ke-3 (Ajna)
Letak : Antara 2 alis
Aura : Ungu
Elemen : Cahaya
Fungsi : Berhubungan dengan segala bentuk kehidupan, kekuatan/daya mistik.gaib, indera ke-6, kekuatan penciptaan, kasih sayang surgawi, charisma, kecintaan akan kebenaran yang luhur, kejernihan pikiran, ketenangan, kekuatan rasa, feeling, intuisi dan pengetahuan yang mendalam, naluri untuk berkomunikasi dengan mahluk-mahluk antar dimensi dan semua yang berhubungan dengan hal yang belum dapat diidentifikasikan.
7. Cakra Mahkota (Sahasrara)
Letak : Puncak kepala
Aura : Putih terang
Elemen : Beyond all elements
Fungsi : Berhubungan dengan perkembangan kesadaran, sarana masuknya energi alam semesta/kekuatan ilahi, hasrat spiritual, keterbukaan terhadap ke-Tuhanan, pencerahan, perluasan kesadaran, penyatuan terhadap dimensi tingkat tinggi, pemasrahan diri, kepekaan rasa, daya simpati, kedalaman pikiran terhadap keadaan sekeliling.
Cakra Minor
Selain dari ke tujuh cakra utama diatas, ada dua cakra pendukung/minor yang juga penting peranannya pada tubuh, yaitu cakra telapak tangan dan cakra telapak kaki.
• Cakra Telapak Tangan
Letak : Titik tengah antara ibu jari dan jari telunjuk
Aura : Merah muda
Fungsi : Berhubungan dengan keluar masuknya energi, pusat penyaluran energi kreatifitas, kemampuan mentransfer/menarik energi kedalam/keluar tubuh, mengubah energi negative atau energi “berpenyakit” menjadi energi yang positif, kebebasan dalam melakukan sesuatu, kesuksesan dalam bekerja, perubahan, kesiapan dalam mengatasi segala situasi.
• Cakra Telapak Kaki
Letak : Lengkungan telapak kaki
Aura : Merah muda
Fungsi : Berhubungan dengan keluar masuknya energi, pusat pelepasan energi negative/kotor dari tubuh, mengubah energi negative menjadi positif, pusat pembumian/grounding, kebebasan, kesuksesan, perubahan, kesiapan dalam mengatasi segala keadaan

0 komentar:

Posting Komentar